Sabtu, 19 September 2015

Perawatan Wajah Murah Ala Anak Kostan


Sejujurnya, aku nggak bisa dandan *jeng jeng*

Pun males dandan.

Pakai bedak tabur aja sering lupa. Entah karena memang buru-buru, atau karena memang nggak biasa. haha

Tapi rupanya, aku nggak dibiarin lolos begitu aja. Karena mentang-mentang nggak bisa dandan, atau malas dandan, terus lo bisa kabur gitu aja An? haha

Kulit mukaku berminyak. Kadang minyaknya sedikit, kadang parah banget sampai kata temenku bisa dipakai buat nyeplos telor -____-

Nah, kulit berminyakku ini perlu 'agak' dirawat supaya nggak tumbuh jerawat. Kalau tumbuh jerawat pasti meninggalkan bekas. Kalau meninggalkan bekas, pasti susah hilangnya. Kalau susah hilangnya, pasti mukaku jadi rame. Kayak langit yang bebas kabut, banyak bintang kedip-kedip di seluruh muka. -____-

Misalnya, aku lupa cuci muka. Cuma beberapa jam padahal. Itu udah tumbul benih jerawat loh.. T_T

Jadi, temanku sekamarku biasanya akan mengomeliku kalau lagi males cuci muka.

"Bayangin aja An, mukamu rame sama bentol-bentol karena kamu malas cuci muka. Padahal buat cuci muka cuma butuh waktu 5 menit."

Mendengar kata bentol-bentol, aku langsung bangun dan jalan sempoyongan ke kamar mandi.

Kalau udah terlanjur jerawatan gimana?
Ini dia masalah besarnya! Ke dokter, nggak mungkin. Kan aku anak kostan, sayang amat ngabisin duit ke dokter.haha.. 

Pergi ke salon makin nggak mungkin. Secara untuk potong rambut aja aku nggak pernah ke salon. Selalu potong rambut sendiri, haha..

Konon ya, kere itu beda tipis dengan kreatif. Dan kreatif selalu muncul dalam pikiran anak kostan. 
Jadi, siasatku ialah... perawatan di rumah kost. hahah dengan cara browsing bahan-bahan murah yang bisa mencegah, merawat, sampai membasmi jerawat berserta bekas-bekasnya, hahaha.

Biasanya aku pakai 4 bahan ajaib ini. 

Madu.



Madu ini bisa diolesin terserah di area berjerawat. Tapi buatku nggak terlalu efektif. Jadi aku panasin terlebih dulu sesendok madu di atas kompor. Waktu anget-angetnya, baru dioleskan di area berjerawat. Rasakan khasiatnya. Jerawatku jadi lebih kempes. Dan bekasnya jadi lebih samar.


Minyak Zaitun.



Minyak ajaib ini bisa diminum, tapi aku enek. Aku pilih dioleskan aja sebelum cuci muka sebelum tidur. Baru cuci muka pakai sabun kesayangkan. Kenapa dioles sebelum tidur? Karena mukaku berminyak. Kalau dibawa tidur, bisa makin banyak jerawatku. Khasiatnya untuk menghilangan noda bekas jerawat dengan aman dan pelan. 

Minyak zaitun ini juga bisa dijadikan lipbalm di malam hari sebelum tidur. Fungsinya untuk melembabkan bibir yang retak karena kering. 

Baking Soda.


Iya, yang biasa dibuat kue itu. Baking soda selain ampuh untuk memutihkan muka, juga cukup efektif untuk memudarkan noda jerawat lalu mengenyahkannya pelan-pelan. Buat yang mukanya kilang minyak kayak aku, cocok banget, minyaknya jadi agak berkurang. Cara pemakaiannya aku campur pakai sabun cuci muka. Lalu gunakan sebagaimana biasanya.

Ketiga bahan di atas bisa dicampur 1 dan dijadikan masker loh, hahaha. Setelah memakai masker, dibasuh pakai air hangat, lalu dibasuh dengan air dingin. Segeeeer! Muka jadi kelihatan 5 menit lebih muda.hahaha *absurd*

Air cucian beras.



Ini yang paling sederhana. Cukup menyiramkan air cucian beras ke seluruh muka. Udah, gitu aja. Khasiatnya, muka jadi cerah.

Tadaaa.. murah meriah kan? haha namanya juga anak kost. Kadang ya, beli teh ijo, daunnya ditemplok di muka, dan air tehnya diminum.hihi.

Beli pisang juga gitu, kulit pisangnya ditempel di muka. Nyeduh kopi juga, ampas kopinya ditemplok atau dijadikan scrub ke seluruh kaki, haha.

Apapun yang berfungsi memperbaiki tampilan muka, templokin aja, haha. Asal alami, insyaallah juga tidak berefek menakutkan. Paling kalau nggak cocok, ya wajahnya nggak memperlihatkan perubahan apapun, hehe.

Perawatan muka itu murah kok, tapi kesabaran dan ketelatenannya yang mahal. Karena banyak yang ingin mendapatkan hasil yang instan. Maka banyak yang rela membeli produk semahal apapun, asal wajahnya bisa kinclong dalam beberapa menit, hahaha *kekep dompet*

Padahal karena bahan-bahannya alami, maka jelas membutuhkan waktu. Hati aja butuh waktu untuk menyembuhkan luka *uhuk* masak muka nggak dikasih kesempatan bekerja sama dengan waktu untuk mengenyahkan segala noda?wkwkwk

Begitulah, untuk melakukan serangkaian perawatan di rumah, harus sabar, sabar, dan sabar. 


"Postingan ini diikutsertakan dalam Giveaway Perawatan Di Rumah bersama Ammara Beauty Care"


 
 

1 komentar:

  1. Aku pernah coba yg air bekas cucian beras, baunyaaaaa

    BalasHapus